Monday 21 December 2015

Menanam Tanaman Pucuk Merah

Anda pernah dengar tanaman pucuk merah? Tanaman satu ini sedang menjadi trend baru dunia tanaman hias. Sang primadona baru ini telah mengalihkan konsumen dari anthurium, gelombang cinta dan nama nama beken tanaman hias lain. Tampaknya, budidaya pucuk merah bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat.
Apa keunggulan tanaman pucuk merah?


Tanaman dengan nama latin Syzygium oleana ini memiliki tampilan yang memang sangat menarik. Tanaman ini bertajuk rimbun dan rapat, dengan warna daun utama hijau tua. Keistimewaan tanaman ini terletak pada tunas daunnya yang berwarna merah. Warna merah ini memunculkan semburat kemerahan pada permukaan tajuk. Inilah yang melatari nama pucuk merah.

Perawatannya yang mudah, keindahan tampilan dan tentu saja harga tanaman yang terhitung murah menyebabkan tanaman ini sangat diminati. Peminat tanaman ini datang dari berbagai kalangan, baik pribadi, pengelola pertamanan, hingga developer perumahan dan dinas taman kota.

Tanaman satu ini memang tergolong murah, untuk bibit berukuran 30 cm hanya dibandrol dengan harga Rp 25 ribu saja. Untuk budidaya pucuk merah, Anda tidak akan direpotkan dengan perawatan yang intensif. Tanaman ini jenis tanaman tanpa bunga, sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak nutrisi da asupan pupuk. Bisa ditanam pada pot bisa ditanam pada pinggiran jalan dan bisa menjadi tanaman tinggi pada lahan terbuka. Jika ditanam pada lahan terbuka bisa tumbuh hingga ukuran 1,5 meter.

Berdasar informasi dari banyak pelaku usaha budidaya pucuk merah di kawasan Bogor, dalam satu bulan permintaan bibit pucuk merah bisa mencapai 1000 bibit. Kadang bahkan mereka terpaksa menolak permintaan karena keterbatasan stok. Permintaan tak hanya datang dari kawasan Jakarta, justru kini bibit sedang banyak dicari oleh para pendatang baru budidaya pucuk merah dari berbagai daerah seperti Bali, Yogyakarta dan Surabaya.

Saat ini memang di beberapa kota besar lain diluar Jakarta sedang membentuk permintaan untuk pucuk merah. Dalam waktu singkat pasar dikawasan ini sudah terlihat dan aktivitas penjualan pucuk merah mulai menggeliat.

Banyak yang memprediksi, trend baru ini tak akan cepat lekang oleh waktu. Sebab tanaman satu ini memiliki keitimewaan sebagai jenis tanaman peruntukan taman besar atau penanaman dalam skala besar.Sehingga permintaan dari pengelolan dan pembuatan taman akan terus mengalir. (danausaha.net)


EmoticonEmoticon